Pages

Jumat, 03 Desember 2010

Nilai-Nilai Astabrata & Struktur Organisasi Politeknik Telkom BANDUNG

  Astabrata adalah dasar-dasar untuk menjadi seorang pemimpin yang harus di miliki oleh mahasiswa Himatek (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer).
   Astabrata tersusun 7 bagian, yaitu Spiritualitas, Integristas, Intelektualitas, Profesional Kerja, Solidaritas, Enterpreneurship, Ketekunan, dan Dedikasi. Sebagai mahasiswa Himatek harus memiliki semua poin astabrata untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses. penjelasan dari nilai-nilai Astabrata:
  • Spiritualitas : Bagi mereka yang menerapkan pentingnya spiritualitas mereka akan bersikap baik ketika ditengah keramaian maupun disaat sendirian karena dimanapun dia berada akan merasa dilihat oleh Allah.Orang seperti ini mempunyai integritas, sesuai antara hati, kata dan perbuatannya, selaras antara apa yang ada dalam hatinya, ucapan dan perbuatannya. Orang-orang inilah yang memiliki potensi untuk meraih sukses di dunia sekaligus sukses menikmati kehidupan surgawi di akhirat nanti.
  • Integritas : Integritas adalah bertindak sesuai dengan ucapan dan dapat di percaya, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukan ini. Dengan kata lain, “satunya kata dengan perbuatan”. Mengkomunikasikan maksud, ide dan perasaan secara terbuka, jujur dan langsung sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain.
  • Intelektualitas : kemampuan mengatasi masalah dengan hasil yang baik. Kecakapan untuk berpikir, mengamati atau mengerti. Dengan demikian kecakapan berbeda dari kemauan dan perasaan. intelligensi sebagai "keseluruhan kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif.
  • Profesional kerja : Mampu menyadari hak dan kewajiban sesuai dengan porsinyaProfesionalisme mengandung pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau sebagai sumber penghidupan.
  • Solidaritas : Secara etimologi arti solidaritas adalah kesetiakawanan atau kekompakkan, berarti peduli akan sesama dan tidak mementingkan ego sendiri. Dengan begitu kita juga dapat saling membantu sesama dan saling menghargai satu sama lain.
  • Enterpreneurship : Jiwa kewirausahaan yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Enterpreneurship adalah seorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut.
  • Ketekunan : Ketekunan adalah kemampuan untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan. Kita harus tetap mengambil langkah selanjutnya, Jangan hanya berhenti di langkah pertama. Memang semakin jauh kita berjalan, semakin banyak rintangan yang menghadang. Arti lain ketekunan berarti serius dan sungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal yang dikerjakan.
  • Dedikasi : Kewajiban yang mengharuskan untuk tidak menguntungkan diri pribadi, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam bentuk materi atau lainnya.
    Dedikasi adalah kunci menuju kesuksesan, dedikasi melibatkan kesabaran(patience), keuletan(persistence), dan kerja keras(hard-work). Sejarah mencatat, orang-orang yang berdedikasi pada suatu hal merupakan orang-orang yang berhasil menorehkan tinta emas dalam sejarah.Tidak ada yang tidak bisa diraih di dunia ini, namun sebanyak apa pencapaian kita akan suatu hal tergantung pada seberapa besar usaha kita untuk meraihnya. Untuk mendapatkan sesuatu kita harus berani mengorbankan sesuatu pula. Hidup ini memang penuh dengan pilihan, Kita tinggal memilih “luas tapi dangkal atau sempit tapi dalam”. Namun tetap saja ada anomali di dunia ini, dimana bisa saja ditemukan orang-orang dengan kemampuan yang banyak dan mendalami semua kemampuannya itu . 

    Stuktur Organisasi Politeknik Telkom

0 komentar:

Poskan Komentar